Sunday, January 10, 2016

Sandiaga Uno "kualitas SDM adalah salah satu problem yang bisa menjadi ancaman ekonomi kita"

Berita Artis Pilihan kali ini adalah Sandiaga Uno, pengusaha di bidang investasi dengan nama Saratoga Investama Sedaya ini mengatakan tahun 2016 merupakan tantangan dan kesempatan bagi Indonesia untuk memperbaiki perekonomian. 



Putra pengusaha Mien Uno ini optimis pemulihan ekonomi di kawasan negara Amerika dan Eropa plus pertumbuhan di negara-negara emerging market akan memberikan angin segar bagi perekonomian nasional. Dia juga optimis paket kebjakan pemerintahan Jokowi Jk mampu membawa perbaikan bagi iklim investasi. Pria berusia 46 tahun ini memprediksi kinerja produk ekspor unggulan seperti kelapa sawit, timah, kakao, kopi, emas hingga tembaga mampu dimaksimalkan untuk membantu pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya dengan impor Uno meminta pemerintah mengurangi volume nya, terutama bahan pangan karena sebagai negara agraris yang kekayaan alamnya melimpah tidak seharusnya Indonesia impor bahan pangan.

Menurut pria tamatan MBA di George Washington University ini program pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilakukan pemerintah harus direalisasikan secara menyeluruh meliputi jalan, pelabuhan, bandara hingga kereta api karena Indonesia punya celah di sektor logistik. Selain itu infrastruktur pendukung seperti pembangkit listrik, eksplorasi minyak dan gas perlu digenjot untuk mendukung program infrastruktur lain. 

Kualitas SDM Indonesia juga harus menjadi perhatian serius pemerintah terkait dengan dibuka nya Masyarakat Ekonomi Asean tahun 2016 ini. "salah satu yang problem yang bisa menjadi ancaman utama ekonomi Indonesia tahun ini adalah kualitas SDM kita" tuturnya. Mengingat kita akan bersaing dengan tenaga kerja Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand yang kualitas SDM nya diatas kita. "pemerintah harus melakukan sesuatu untuk meningkatkan kualitas SDM kita agar mampu bersaing dengan Singapura dan Malaysia" imbuhnya

Sumber:
Jawapos
Sumber gambar:
news.metrotvnews.com
Penyaji

   

  

No comments:

Post a Comment