Tuesday, March 15, 2016

Menteri Susi "sebetulnya reklamasi yang betul menjaga lingkungan agar tidak terdegradasi"

Selamat pagi Separtaner, berita artis pilihan kali ini adalah tentang sepak terjang Menteri Kelautan kita ibu Susi Pudjiastuti. Banyak sekali menteri yang popularitasnya meningkat bak artis ibukota, untuk itulah beliau ini kami anggap artis Indonesia juga karena kepopulerannya.

Menteri Kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti mengundang masyarakat Bali yang tidak setuju dengan reklamasi Teluk Benoa, dan penggiat lingkungan untuk menyuarakan aspirasinya di kantor KKP Jl Medan Merdeka Timur pada hari Senin (29/2/2016). Kesempatan ini juga digunakan oleh ibu Menteri untuk menunjukkan sikapnya.

Ibu Susi senang terhadap kepedulian masyarakat Bali terhadap lingkungannya namun belum bisa memberikan sikap apapun, beliau belum melihat pihak perusahaan melakukan reklamasi karena masih menunggu izin Amdal keluar. "dasar mereka berdasarkan Kepres, kemungkinan untuk membangun daerah wisata baru di Teluk Benoa" kata Susi. Menurut Ibu Susi persoalan reklamasi bukan hanya persoalan di Bali, bahkan di Jakarta reklamasi dilakukan tanpa melibatkan Pemda, ini bukan prosedur yang seharusnya. 

Beliau menambahkan "keadaan Teluk Benoa sangat mengkhawatirkan. Kalau tidak dilakukan perbaikan Teluk Benoa akan mati. Mengembalikan hutan bakau sebagaimana mestinya". Yang terpenting menurut Ibu Susi pembangunan tidak merugikan masyarakat, dalam kesempatan itu beliau berpesan apapun pembangunannya harus mengutamakan kepentingan masyarakat dan menjaga lingkungan. jangan sampai di politisir dan di dramatisir. 

"sebetulnya reklamasi yang betul menjaga lingkungan agar tidak terdegradasi" tegas Susi

Ibu Susi menolak menjadi mediator antara kelompok yang pro dan kontra dan hanya memposisikan diri sebagai regulator untuk memastikan ada pelabuhan di Teluk Benoa. Penjarahan bakau sudah sangat parah di seputaran teluk benoa untuk itu Menteri Susi ingin konsisten membela stakeholder dan lingkungan. Pulau Bali selain budayanya, keindahannya juga harus dijaga. "saya tidak bisa memutuskan sekarang karena litbang sedang proses" ungkap Menteri yang baru saja kehilangan anak nya ini.

Menteri kelautan dan perikanan ini juga mewanti-wanti kepada peserta yang hadir dan menolak reklamasi supaya  konsisten menjaga lingkungan dan jangan malah merusak bila nanti dibikin konservasi di Teluk Benoa.   



   
Sumber
Penyaji

No comments:

Post a Comment