Thursday, June 30, 2016

Setelah Temui Dalai Lama, Lady Gaga Masuk “Black List” China

Berita artis pilihan kali ini menyoroti penyanyi pop internasional Lady Gaga. Secara resmi Gaga telah masuk dalam daftar hitam “hostile foreign force” pemerintah China. Ini merupakan daftar hitam orang-orang yang dilarang memasuki negara tersebut.

Selain pelarangan masuk ke China, pemerintah tirai bambu ini juga melarang seluruh media lokal untuk menjual, membeli, dan menyebarluaskan seluruh karya Gaga. Bahkan sebagian media China secara terang-terangan mem-bully Gaga.

Hal ini terjadi karena penyanyi lagu Poker Face ini pada Minggu (26/6/2016)  sedang Konferensi Wali Kota AS di Indianapolis, Indiana, AS. Disana ia menyempatkan waktu untuk bertemu dan berbincang dengan pimpinan spiritual Buddha asal Tibet Dalai Lama. Gaga pun sempat mengunggah foto mereka di akun pribadinya. Gaga menerangkan pertemuan tersebut membahas tentang kebaikan, kasih sayang manusia, kualitas kesadaran diri, kesehatan jiwa, dan kemanusiaan. Seperti yang ditulis Gaga pada akun twitter pribadinya  "Kindness is a free currency from a well that will never dry up” Tweet @LadyGaGa

Namun pemerintah China maupun masyarakatnya beranggapan hal itu salah. Mereka tidak senang Lady Gaga melakukan pertemuan dengan Dalai Lama. Karena Dalai Lama dinilai telah membelot dan dituduh sebagai separatis yang membahayakan. Segala bentuk kegiatan Dalai Lama di kancah internasional semata aksi propaganda untuk memisahkan wilayah Himalaya dari Tiongkok.

"Tujuan kunjungan dan kegiatannya (Dalai Lama) di negara lain hanya untuk mempromosikan proposalnya bagi kemerdekaan Tibet," ujar Hong Lei juru bicara Kementerian Luar Negeri China dalam konferensi pers (27/6/2016).

Sebenarnya bukan hanya Gaga yang pernah masuk daftar hitam China, banyak aktris maupun penyanyi asing yang turut masuk pada daftar karena bertemu dengan pimpinan spiritual Tibet tersebut 

Menanggapi hal tersebut sepertinya Gaga tidak ambil pusing. Terlebih larangan tersebut bukan pertama kalinya ia terima. Sebelumnya Gaga juga pernah di boikot di China karena pemerintah China menganggap lagu-lagu Gaga tidak memiliki selera karena memuat materi yang vulgar dan tidak sopan.



Sumber Berita:

Sumber Gambar:
http://celebrity.okezone.com/read/2016/06/29/33/1428158/top-gossip-4-temui-dalai-lama-lady-gaga-diboikot-china

No comments:

Post a Comment